Ludwig van Beethoven

Read Time:2 Minute, 29 Second

Ludwig van Beethoven

Jerman: dibaptis 17 Desember 1770 – 26 Maret 1827) adalah seorang komposer dan pianis Jerman. Beethoven tetap menjadi salah satu komposer yang paling dikagumi dalam sejarah musik Barat; karya-karyanya termasuk di antara repertoar musik klasik yang paling banyak ditampilkan dan mencakup transisi dari periode Klasik ke era Romantis dalam musik klasik.

Karirnya secara konvensional dibagi menjadi periode awal, tengah, dan akhir. Periode “awal”, di mana ia menempa keahliannya, biasanya dianggap telah berlangsung hingga tahun 1802.

Dari tahun 1802 hingga sekitar tahun 1812, periode “pertengahannya” menunjukkan perkembangan individu dari gaya “klasik” Joseph Haydn dan Wolfgang Amadeus Mozart , dan terkadang dicirikan sebagai “pahlawan”. Selama waktu ini, ia mulai menderita ketulian yang semakin meningkat. Dalam periode “akhir” dari tahun 1812 hingga kematiannya pada tahun 1827, ia memperluas inovasinya dalam bentuk dan ekspresi musik.

Lahir di Bonn, bakat musik Beethoven terlihat jelas pada usia dini, dan dia awalnya diajar dengan keras dan intensif oleh ayahnya Johann van Beethoven.

Beethoven kemudian diajar oleh komposer dan konduktor Christian Gottlob Neefe, di bawah asuhannya dia menerbitkan karya pertamanya, satu set variasi keyboard, pada tahun 1783.

Dia menemukan kelegaan dari kehidupan rumah yang disfungsional dengan keluarga Helene von Breuning, yang anak-anaknya dia mencintai, berteman, dan mengajar piano. Pada usia 21, ia pindah ke Wina, yang kemudian menjadi basisnya, dan belajar komposisi dengan Haydn. Beethoven kemudian mendapatkan reputasi sebagai pianis virtuoso, dan dia segera dilindungi oleh Karl Alois, Pangeran Lichnowsky untuk komposisi, yang menghasilkan tiga trio piano Opus 1 (karya paling awal yang dia berikan nomor opus) pada tahun 1795.

See also  Home Decoration

Karya orkestra besar pertamanya, First Symphony, ditayangkan perdana pada tahun 1800, dan set kuartet string pertamanya diterbitkan pada tahun 1801.

Meskipun pendengarannya memburuk selama periode ini, ia terus memimpin, menayangkan perdana Symphonies Ketiga dan Kelima pada tahun 1804 dan 1808, masing-masing. Konser Biolanya muncul pada tahun 1806. Konser piano terakhirnya (No. 5, Op. 73, yang dikenal sebagai ‘Kaisar’), yang didedikasikan untuk pelindungnya yang sering, Archduke Rudolf dari Austria, ditayangkan perdana pada tahun 1811, tanpa Beethoven sebagai solois. Dia hampir sepenuhnya tuli pada tahun 1814, dan dia kemudian berhenti tampil dan tampil di depan umum.

Dia menggambarkan masalahnya dengan kesehatan dan kehidupan pribadinya yang tidak terpenuhi dalam dua surat, “Perjanjian Heiligenstadt” (1802) kepada saudara-saudaranya dan surat cintanya yang tidak terkirim kepada “Kekasih Abadi” yang tidak dikenal (1812).

Setelah 1810, semakin kurang terlibat secara sosial, Beethoven menyusun banyak karyanya yang paling dikagumi, termasuk simfoni kemudian, musik kamar dewasa dan sonata piano akhir.

  • Begini Tutorial Cara Memegang Biola dan bow.

Opera satu-satunya, Fidelio, yang pertama kali dipentaskan pada tahun 1805, direvisi menjadi versi finalnya pada tahun 1814. Ia menyusun Missa solemnis antara tahun 1819 dan 1823 dan Symphony terakhirnya, No. 9, salah satu contoh pertama dari sebuah simfoni paduan suara, antara tahun 1822 dan 1824.

Ditulis pada tahun-tahun terakhirnya, kuartet string terakhirnya, termasuk Grosse Fuge, dari tahun 1825–1826 adalah salah satu pencapaian terakhirnya. Setelah beberapa bulan terbaring sakit, ia meninggal pada tahun 1827. Karya Beethoven tetap menjadi andalan repertoar musik klasik.

See also  SINGAPORE NEWS
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pakaian
Next post Uzbekistan